Tips dan Cara Agar Usus Sehat dan Aman Terhindar Dari Berbagai Penyakit Secara Alami

Tips dan Cara Agar Usus Sehat dan Aman Terhindar Dari Berbagai Penyakit Secara Alami -  Terkadang usus kita perlu dibersihkan dari kotoran dan sisa makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit. Apalagi bila seseorang mengalami konstipasi, maka sulit buang air besar itu berpotensi berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker usus besar. Lantas, cara membersihkan usus yang benar?

Usus merupakan bagian dari pencernaan yang memiliki fungsi vital bagi tubuh manusia. Sebagai organ yang bekerja untuk mengolah semua makanan yang dikonsumsi, kebersihan dan kesehatan organ ini harus dijaga karena jika terjadi gangguan pada usus, maka proses pencernaannya tidak bisa berjalan dengan baik.

Sama seperti organ tubuh lainnya seperti kulit, tangan, mulut, dan sebagainya. Usus juga perlu dibersihkan. Usus bersih akan membuat proses pengolahan makanan di perut menjadi halus sehingga penyerapan nutrisi oleh tubuh akan lancar.

Tips dan Cara Agar Usus Sehat dan Aman Terhindar Dari Berbagai Penyakit Secara Alami

Penyebab Usus harus dibersihkan

Ada banyak faktor yang menyebabkan usus dibersihkan, seperti:

  • Adanya cairan kental yang membungkus usus atau disebut juga lendir;
  • Ada jaringan seluler mati;
  • Munculnya parasit seperti cacing
  • Ada kotoran sisa yang tergelincir di antara bagian usus;
  • Diet tidak sehat


Secara umum, faktor-faktor di atas adalah penyebab usus kotor sehingga membutuhkan pembersihan agar usus bisa bekerja normal kembali.

Cara Membersihkan Usus

Penumpukan kotoran di usus bisa menyebabkan sesuatu yang serius bagi kesehatan, seperti pembengkakan di usus sehingga orang akan merasa lemas dan mudah sakit. Selain itu, efek lain dari akumulasi kotoran di usus adalah sulitnya buang air besar. Ini jika dibiarkan lama akan menyebabkan tumpukan racun di usus. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan tentang berbagai cara untuk membersihkan usus yang aman, yaitu:

1. Apel

Apel adalah buah yang kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Di dalam buah ini terdapat berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti serat, dan karbohidrat. Zat ini bertindak sebagai pengental cairan di perut. Selain serat dan karbohidrat, di dalam apel juga terkandung pektin. Zat ini jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat akan berguna untuk membersihkan racun dan zat logam berbahaya dari usus. Selain itu, manfaat pektin lainnya adalah sebagai fixer dinding usus. Anda bisa mengonsumsi buah ini, baik buah apel olahan seperti cuka sari apel, saus apel, jus apel, dll dan langsung mengkonsumsinya.

2. Air

Begitu banyak manfaat air, salah satunya adalah sebagai pembersih usus besar. Konsumsi air secukupnya, yaitu antara 8-10 gelas per hari bisa mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga bisa secara otomatis membersihkan sisa metabolisme di dalam usus.

3. Lemon

Buah lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pemancar sistem pencernaan. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, di dalam lemon juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk membersihkan usus. Cara meminumnya 1 lemon dan meremas air. Kombinasikan madu dan sedikit garam di dalamnya. Minumlah ramuan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

4. Buah dan sayuran mengandung klorofil

Sayuran dan buah hijau mengandung zat klorofil yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, zat klorofil juga memiliki kegunaan untuk membersihkan hati dan usus besar. Untuk itu, masukan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, seledri, asparagus, kacang polong, dan aneka sayuran hijau dan jenis buah dalam makanan sehari-hari.

5. Serat

Selain sebagai sistem gastrointestinal, makanan kaya sinter juga bisa bermanfaat untuk pembersihan usus besar. Untuk itu, masukan makanan berserat seperti pir, apel, raspberry, polong, gandum, biji-bijian, brokoli, dan berbagai sumber makanan serat lainnya sebagai menu sehari-hari.

6. Lidah buaya

Selain digunakan sebagai penghilang rambut dan infeksi obat pada kulit, lidah buaya juga bisa digunakan untuk membersihkan usus. Hal ini karena lidah buaya atau lidah buaya memiliki sifat pencahar yang bisa membersihkan racun di dalam usus. Cara mengonsumsi sangat mudah. Campur jus lemon dengan gel aloe vera lalu blender sampai lembut. Konsumsi jus lidah buaya secara rutin mendapatkan hasil maksimal.

7. Makanan fermentasi

Di dalam tubuh manusia ada beragam mikroba, masing-masing memiliki berbagai fungsi juga, mulai dari pembuangan toksik, penyerap nutrisi, mengatasi bakteri berbahaya, dan sebagainya. Tapi karena efek makanan dan obat-obatan yang kita konsumsi menyebabkan jumlah bakteri baik dalam tubuh bisa berkurang. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung probiotik. Makanan seperti yogurt, miso, dan kinchi adalah makanan fermentasi yang sangat baik untuk tubuh.

8. Jahe

Selain menghilangkan pilek dan penghangat tubuh, jahe juga memiliki khasiat sebagai pembersih usus besar. Hal ini karena jahe bisa menstimulasi kerja usus sehingga usus akan bekerja membuang toksin di dalamnya. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi jahe dalam berbagai produk susu seperti jahe, teh herbal dan jahe, jahe parut, dan sebagainya. Yang harus anda ingat adalah cara ini tidak dianjurkan bagi wanita hamil.

9. Alpukat

Alpukat termasuk buah dengan kandungan serat tinggi. Tak hanya rasanya yang lezat, buah yang satu ini juga bisa merangsang pergerakan usus sehingga usus bisa membersihkan racun di dalamnya.

Demikianlah artikel mengenai Tips dan Cara Agar Usus Sehat dan Aman Terhindar Dari Berbagai Penyakit Secara Alami, semoga bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Tips dan Cara Agar Usus Sehat dan Aman Terhindar Dari Berbagai Penyakit Secara Alami"

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan jejak :)