Inilah Kandungan dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Inilah Kandungan dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya  -  Daun salam merupakan tanaman kecil tapi penting. Harus diakui bahwa hampir semua masakan Indonesia kaya akan rempah-rempah. Daun salam misalnya, yang bisa dijadikan pelengkap cita rasa bumbu yang menonjol dan aroma yang khas. Mendapatkannya sangat mudah, karena Indonesia adalah salah satu tempat yang dikenal sebagai salah satu penghasil daun salam.

Berikut kandungan daun salam


  • Etanol. Ini adalah alkohol yang bermanfaat sebagai antibakteri.
  • Asam folat. Ini adalah kompleks vitamin B yang bertindak sebagai pembawa unit karbon dalam berbagai reaksi metabolik, yang diperlukan tubuh dalam pembentukan sel baru dan perawatan sel.
  • Minyak esensial. Minyak atsiri pada daun rempah diketahui mengandung eugenol. Eugenol adalah cairan tak berwarna yang digunakan sebagai parfum (oleh karena itu daun laurel yang terkenal memiliki aroma khas) dan pemberantasan bakteri.
  • Mineral. Ada banyak jenis mineral yang terkandung di daun teluk. Diantaranya adalah potasium, mangan, seng, kalsium, magnesium, dan selenium. Kalium sendiri diketahui memiliki manfaat dalam mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sementara mangan dan tembaga membantu perkembangan enzim dalam tubuh.
Inilah Kandungan dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya



Manfaat Daun Salam yang Telah Terbukti Ilmiah

1. Menurunkan Gejala Asam Urat

Dengan segala kualitas konten di dalamnya, daun salam dengan menerapkan beberapa perawatan diketahui dapat mengurangi gejala asam urat yang biasanya diidap oleh mereka yang berusi maju.

Cara mengolah: pertama, cuci daun segar selada segar. Masukkan ke dalam panci rebus dengan air (sesuaikan jumlah daun dengan jumlah air). Biarkan mendidih dan surut sampai cukup tersisa satu cangkir. Saring, ambil airnya, masukkan ke dalam gelas. Biarkan cukup hangat untuk minum. Minum setelah makan dan lakukan rutin dua kali sehari bila gejala asam urat sangat mengganggu dan minum hanya sekali sehari untuk usaha pencegahan.

2. Mengobati Diabetes

Antioksidan yang terkandung di daun salam bermanfaat untuk proses insulin yang efisien dalam tubuh sehingga baik untuk penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2. Melalui antioksidan, daun salam bisa menurunkan kandungan glukosa dalam darah dan kolesterol. Anda biasanya membeli atau membuat daun laurel cincang atau dalam bentuk bubuk siap pakai. Konsumsi selama 30 hari berturut-turut.

3. Mengatasi Hipertensi

Salah satu manfaat senyawa flavonoid yang terkandung dalam daun salam adalah menormalkan tekanan darah di tubuh. Hal ini tentunya sangat penting bagi mereka yang memiliki hipertensi atau yang memiliki kecenderungan untuk memilikinya berdasarkan riwayat keturunan. Penyakit hipertensi sebenarnya harus diwaspadai meski Anda tidak memiliki riwayat keluarga, karena gaya hidup juga memiliki peran dalam membiarkan wabah penyakit ini.

Untuk itu, sebagai pencegah dan upaya pengobatan, Anda bisa mencoba terapi minum daun teluk air rebus. Pengolahannya sama dengan perawatan untuk pengobatan penyakit asam urat. Pertama bersihkan daun salam segar, lalu rebus dengan air. Biarkan mendidih sampai menjadi satu gelas. Minum selagi hangat sehabis makan. Lakukan secara teratur.

4. Mencegah Kanker Serviks

Sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia, kanker bisa dicegah dengan memanfaatkan daun salam. Hal ini karena di daun teluk terdapat eugenol, catechin, quercetin, dan asam caffeic yang melawan berbagai jenis kanker dan memberi perlindungan pada tubuh. Daun laurel juga mengandung perthenolide yang berguna untuk melawan pertumbuhan sel kanker serviks.

5. Meredakan Diare

Daun Laurel memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang bagus untuk pencernaan yang halus. Dengan meminum daun salam yang baru diseduh dan menambahkannya dengan sedikit garam, Anda bisa membuat oralit sendiri dan meminumnya untuk mengurangi diare sesegera mungkin.

6. Menjaga Ketahanan Tubuh

Telah disebutkan sebelumnya bahwa ternyata daun teluk banyak mengandung vitamin C. Seperti yang telah diketahui, vitamin C adalah salah satu zat yang berguna dalam menjaga daya tahan tubuh dan melawan radikal bebas yang mengancam daya tahan tubuh.

Untuk itu, daun salam minum teh biasa, yakni hasil sedan daun kering dan air panas seperti saat menyeduh teh. Minum secara teratur setiap hari dan dapatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan agar lebih ideal, Anda bisa mulai mencoba minum daun salam air rebus yang telah dibersihkan. Daun salam bagus untuk mengurangi berat badan karena kandungan enzim dan mineral di dalamnya mampu meluncurkan sistem pencernaan.

Cara membuatnya mudah. Rebus saja air dengan daun salam mengecil dan cukup 2 gelas air. Saring, letakkan di gelas. Tunggu sampai hangat dan minum. Konsumsi 2 gelas sehari sebelum tidur. Jangan lupa menyeimbangkan dengan olahraga teratur.

8. Atasi ketombe

Rebusan daun salam selain bisa dikonsumsi ke dalam tubuh juga bagus untuk digunakan di luar tubuh. Karena daun salam mengandung minyak esensial yang berguna sebagai tonik untuk rambut yang mampu melawan ketombe. Buatlah air rebusan daun bay dingin saat membilas rambut Anda akhir. Lakukan sekali seminggu dan jangan lupa untuk menjaga agar area rambut tetap bersih. Bebaskan rambut Anda segera bebas ketombe.

9. Mata Sehat

Mata lelah karena terlalu sering melihat layar ponsel atau komputer, merah dan gatal karena debu di jalanan, jangan khawatir, daun salam bisa jadi solusi dari masalah mata Anda. Sebelum berubah menjadi iritasi berlebihan, lakukan perawatan mata dengan daun teluk kering. Dengan berbagai kandungan yang terkandung di dalamnya, daun salam air rebus kering mampu memberi nutrisi pada mata dan mencegahnya dari infeksi lebih lanjut. Yang harus Anda siapkan adalah daun salam dan air kering. Rebus beberapa saat. Tunggu sampai dingin. Gunakan dengan menggosok mata air sampai beberapa menit. Lakukan secara teratur, terutama jika Anda rutin di luar ruangan.

Demikianlah artikel mengenai Inilah Kandungan dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya , semoga bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Inilah Kandungan dan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya "

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan jejak :)